Jumat, 22 Mei 2009


Penyusun : YUSNIDA FEBRIANY
Tahun Pelajaran : 2009/2010RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 3

Mata Pelajaran : FISIKA
Kelas/Semester : X/1
Pertemuan Ke- : X/1
Standar Kompetensi : MENGUKUR BESARAN POKOK DAN TURUNAN
Alokasi Waktu : 4 Jam Pelajaran
Standar Kompetensi : Siswa mampu mengukur besaran pokok dan turunan.
Kompetensi Dasar : Siswa mampu menerapkan konsep pengukuran besaran pada kehidupan sehari-hari

Indikator:
1. Besaran pokok dan turunan disebutkan dengan benar
2. Satuan besaran pokok dalam SI diterapkan dengan benar

Tujuan Pembelajaran:
1. Siswa dapat menyebutkan besaran pokok dan turunan
2. Siswa dapat menjelaskan besaran pokok dan turunan.
3. Siswa dapat menghafal besaran pokok dan turunan.
4. Siswa dapat membedakan besaran pokok dan turunan
5. Siswa dapat memberikan contoh besaran pokok dan turunan.

1. Besaran pokok dan turunan
2. Alat ukur dan pengukuran

Metode : Ceramah, tanya jawab, praktik
Skenario Pembelajaran :
Uraian kegiatan instruksional
Metode
Media
Waktu
(menit)
Tahap
Guru
Siswa
Awal
Ø Mendeskripsikan singkat kompetensi yang akan dipelajari.
Ø Menjelaskan relevansi, manfaat, dan tujuan pembelajaran.
Ø Memperhatikan penjelasan guru.

o Ceramah

OHP dan transparan
15’
Inti

Ø Dengan tanya jawab, mengarahkan siswa untuk menyebutkan besaran pokok dan turunan



Ø Menugaskan siswa untuk menjawab pertanyaan pemahaman.


Ø Menugaskan pasangan mengoreksi hasil pelatihan berdasarkan kunci yang sudah disediakan.

Ø Membimbing siswa menghitung skor kecepatan mengukur dengan cepat dan tepat
Ø Membaca modul dan menemukan pengertian dan perbedaan dari besaran pokok dan turunan


Ø Siswa memahami perbedaan besaran pokok dan turunan

Ø Siswa menghafal dan menyebutkan besaran pokok dan turunan

Ø Siswa mengamati bentuk dan fungsi dari masing-masing alat ukur.

Ø Siswa melakukan pengukuran secara bergantian dan bertukar alat pengukuran

Ø Siswa mencatat hasil pengukuran

Ø Siswa menghitungf besaran turunan dari hasil pengukuran

Ø Siswa membuat laporan
o Ceramah
o Praktik
o diskusi
o Tanya jawab














o Modul
o Buku praktikum
o Penggaris
o Timbangan
o Stop watch atau jam
o Jangka sorong
o Micrometer scrub
o Thermometer
o Gelas ukur
o Balok
o Meja
o Paralon
o Plat
o Beban
o Batu es
o ai







65’
Penutup
Ø Memberikan motivasi untuk terus menggali dan mencari informasi tentang besaran
Ø pengukuran
Ø Menutup pembelajaran.
Ø Menyimpulkan materi pembelajaran


10

Sumber Pembelajaran

1. Modul FISIKA
2. L K S
3. Buku Panduan Praktikum

Penilaian
Jenis tes : Praktik
Lembar soal :






















Tidak ada komentar:

Posting Komentar