Penyusun : YUSNIDA FEBRIANY Tahun Pelajaran : 2009/2010RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 3 Mata Pelajaran : FISIKA Kelas/Semester : X/1 Pertemuan Ke- : X/1 Standar Kompetensi : MENGUKUR BESARAN POKOK DAN TURUNAN Alokasi Waktu : 4 Jam Pelajaran Standar Kompetensi : Siswa mampu mengukur besaran pokok dan turunan. Kompetensi Dasar : Siswa mampu menerapkan konsep pengukuran besaran pada kehidupan sehari-hari Indikator: 1. Besaran pokok dan turunan disebutkan dengan benar 2. Satuan besaran pokok dalam SI diterapkan dengan benar Tujuan Pembelajaran: 1. Siswa dapat menyebutkan besaran pokok dan turunan 2. Siswa dapat menjelaskan besaran pokok dan turunan. 3. Siswa dapat menghafal besaran pokok dan turunan. 4. Siswa dapat membedakan besaran pokok dan turunan 5. Siswa dapat memberikan contoh besaran pokok dan turunan. 1. Besaran pokok dan turunan 2. Alat ukur dan pengukuran Metode : Ceramah, tanya jawab, praktik Skenario Pembelajaran : Uraian kegiatan instruksional Metode Media Waktu (menit) Tahap Guru Siswa Awal Ø Mendeskripsikan singkat kompetensi yang akan dipelajari. Ø Menjelaskan relevansi, manfaat, dan tujuan pembelajaran. Ø Memperhatikan penjelasan guru. o Ceramah OHP dan transparan 15’ Inti Ø Dengan tanya jawab, mengarahkan siswa untuk menyebutkan besaran pokok dan turunan Ø Menugaskan siswa untuk menjawab pertanyaan pemahaman. Ø Menugaskan pasangan mengoreksi hasil pelatihan berdasarkan kunci yang sudah disediakan. Ø Membimbing siswa menghitung skor kecepatan mengukur dengan cepat dan tepat Ø Membaca modul dan menemukan pengertian dan perbedaan dari besaran pokok dan turunan Ø Siswa memahami perbedaan besaran pokok dan turunan Ø Siswa menghafal dan menyebutkan besaran pokok dan turunan Ø Siswa mengamati bentuk dan fungsi dari masing-masing alat ukur. Ø Siswa melakukan pengukuran secara bergantian dan bertukar alat pengukuran Ø Siswa mencatat hasil pengukuran Ø Siswa menghitungf besaran turunan dari hasil pengukuran Ø Siswa membuat laporan o Ceramah o Praktik o diskusi o Tanya jawab o Modul o Buku praktikum o Penggaris o Timbangan o Stop watch atau jam o Jangka sorong o Micrometer scrub o Thermometer o Gelas ukur o Balok o Meja o Paralon o Plat o Beban o Batu es o ai 65’ Penutup Ø Memberikan motivasi untuk terus menggali dan mencari informasi tentang besaran Ø pengukuran Ø Menutup pembelajaran. Ø Menyimpulkan materi pembelajaran 10 Sumber Pembelajaran 1. Modul FISIKA 2. L K S 3. Buku Panduan Praktikum Penilaian Jenis tes : Praktik Lembar soal : |
Jumat, 22 Mei 2009
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar